RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah | : | SDN TENGGERWETAN II |
Kelas /Semester | : | V/2 (dua ) |
Tema 9 | : | Benda-benda di Sekitar Kita |
Subtema 1 | : | Benda Tunggal dan Campuran |
Pembelajaran ke- | : | 4 |
Fokus Pembelajaran | : | IPS, Bahasa Indonesia, dan PPKn |
Alokasi Waktu | : | 6 x 35 menit (6 JP) |
KOMPETENSI INTI (KI)
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
IPS
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
|
3.1.1 Menuliskan ciri khas beberapa daerah di Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris 3.1.2 Menghubungkan ciri khas beberapa daerah di Indonesia terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi. |
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
|
4.1.1 Membuat permainan make a match tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi |
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. | 3.8.1 Menganalisis pesan yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. |
4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual. | 4.8.1 Membuat iklan sederhana yang merujuk dari informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual. |
PPKn
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.4.1 Mengucapkan Alhamdulillah selanjutnya dengan menyanyikan 17 Agustus 1945 |
2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
|
2.4.1 Menuliskan nilai skor dengan jujur saat kegiatan video dan permainaan interaktif tentang keragaman suku, sosial, budaya Indonesia |
3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.
|
3.4.1 Memeriksa manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. |
4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.
|
4.4.1 Menampilkan gambar/video tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan. |
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah Peserta Didik mengoperasikan video dan permaianan interaktif di aplikasi H5P Content, Peserta Didik dapat Menuliskan ciri khas beberapa daerah di Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris dengan tepat.
- Setelah Peserta Didik mengoperasikan video dan permaianan interaktif di aplikasi H5P Content, Peserta Didik dapat Menghubungkan ciri khas beberapa daerah di Indonesia terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi dengan tepat.
- Setelah Peserta Didik mengoperasikan video dan permaianan interaktif di aplikasi H5P Content, Peserta Didik dapat Membuat permainan make a match tentang karakteristik geografis Indonesia dengan tepat.
- Setelah Peserta Didik mengoperasikan video dan permaianan interaktif di aplikasi H5P Content, Peserta Didik dapat Menganalisis pesan yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan tepat.
- Setelah Peserta Didik mengoperasikan video dan permaianan interaktif di aplikasi H5P Content, Peserta Didik dapat Membuat iklan sederhana dengan tepat.
- Setelah Peserta Didik mengoperasikan video dan permaianan interaktif di aplikasi H5P Content, Peserta Didik dapat Memeriksa manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup degan benar.
- Setelah Peserta Didik mengoperasikan video dan permaianan interaktif di aplikasi H5P Content, Peserta Didik dapat Menampilkan gambar/video tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dengan lancar.
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
- Religius
- Nasionalis
- Disiplin
- Gotong Royong
- Integritas
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Scientific Approach
Model Pembelajaran : PjBL (Project Based Learning)
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah dan make a match.