RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah | : | SDN TENGGERWETAN II |
Kelas /Semester | : | V/2 (dua ) |
Tema 8 | : | Lingkungan Sahabat Kita |
Subtema 2 | : | Perubahan Lingkungan |
Pembelajaran ke- | : | 1 |
Fokus Pembelajaran | : | Bahasa Indonesia dan IPA, |
Alokasi Waktu | : | 6 x 35 menit (6 JP) |
- KOMPETENSI INTI (KI)
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.8 Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi | 3.8.1 Memeriksa teks narasi sesuai urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi |
4.8 Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi | 4.8.1 Menilai peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita |
IPA
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup |
3.8.1 Menuliskan tahapan siklus air seperti evaporasi, kondensasi, dan presipitasi 3.8.2 Menuliskan dampak siklus air dalam kehidupan sehari-hari. |
4.8 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber | 4.8.1 Membuat karya permainan tentang siklus air berdasarkan informasi yang sudah didapat. |
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah guru dan siswa mengamati video-video peristiwa atau tindakan di aplikasi H5P Content, siswa dapat menyusun urutan teks nonfiksi.
- Setelah siswa selesai menyelesaikan permainan di aplikasi H5P Content, siswa dapat menilai 2 peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita.
- Setelah guru dan siswa mengamati video-video di aplikasi H5P Content, siswa dapat menuliskan tahapan dalam siklus air seperti evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.
- Setelah siswa menganalisis permainan interaktif di aplikasi H5P Content, siswa dapat menuliskan dampak siklus air dalam kehidupan sehari-hari..
- Setelah siswa mengetes permainan di aplikasi H5P Content, siswa dapat membuat karya permainan adopsi tentang siklus air.
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
- Religius
- Nasionalis
- Disiplin
- Gotong Royong
- Integritas
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Scientific Approach
Model Pembelajaran : PjBL (Project Based Learning)
Metode Pembelajaran : Pengamatan, eksperimen, tanya jawab, demonstrasi, make a match.