RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah : SDN TENGGERWETAN II
Kelas /Semester V/2 (dua )
Tema 8 :   Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Pembelajaran ke- :   4
Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia, IPS, dan PPKn
Alokasi Waktu 6 x 35 menit (6 JP)

 

KOMPETENSI INTI (KI)

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8 Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi

3.8.1  Menganalisis teks narasi dari kegiatan ekonomi dari video interaktif.

4.8 Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks non fiksi

4.8.1 Menuliskan kembali kegiatan ekonomi dengan memperhatikan latar di video interaktif.

 

PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3.Menelaah keragaman sosial budaya masyarakat

3.3.1  Menyusun kegiatan tentang keberagaman sosial budaya  masyarakat

4.3.Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keragaman sosial budaya masyarakat

4.3.1 Membuat kliping digital kegiatan keberagaman sosial budaya  masyarakat.

 

IPS

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang

3.3.1  Merangkum pesan dari gambar/foto/vidio/ permainan interaktif tentang kegiatan ekonomi.

3.3.2 Menghubungkan peran ekonomi dengan memperkuat persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

 

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

4.3.1  Membuat iklan produk lokal secara sederhana.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah guru dan siswa mengamati video-video kegiatan ekonomi di aplikasi H5P Content, siswa dapat menganilis teks narasi dengan tepat.
  2. Setelah guru dan siswa mengamati video-video kegiatan ekonomi di aplikasi H5P Content, siswa dapat menuliskan kembali kegiatan ekonomi dengan tepat.
  3. Setelah guru dan siswa mengamati video/kuis interaktif tentang keberagaman sosial budaya di aplikasi H5P Content, siswa dapat menyusun kegiatan tentang keberagaman sosial budaya masyarakat dengan tepat.
  4. Setelah guru dan siswa mengamati video/kuis interaktif tentang keberagaman sosial budaya di aplikasi H5P Content, siswa dapat membuat kliping digital kegiatan keberagaman sosial budaya masyarakat dengan tepat.
  5. Setelah guru dan siswa mengamati video/kuis interaktif tentang kegiatan ekonomi di aplikasi H5P Content, siswa dapat merangkum pesan dari gambar/foto/vidio/ permainan interaktif tentang kegiatan ekonomi dengan tepat.
  6. Setelah guru dan siswa mengamati video/kuis interaktif tentang kegiatan ekonomi di aplikasi H5P Content, siswa dapat menghubungkan peran ekonomi dengan memperkuat persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang degan benar.
  7. Setelah guru dan siswa mengamati video/kuis interaktif tentang kegiatan ekonomi di aplikasi H5P Content, siswa dapat membuat iklan produk lokal secara sederhana dengan lancar.

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

  1. Religius
  2. Nasionalis
  3. Disiplin
  4. Gotong Royong
  5. Integritas

METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran  : Scientific Approach

Model Pembelajaran          : PjBL (Project Based Learning)

Metode Pembelajaran  :           Pengamatan, eksperimen, tanya jawab, demonstrasi, make a match.